Ketahui 5 Jenis Vaksin yang Diwajibkan Pemerintah Indonesia

Ketahui 5 Jenis Vaksin yang Diwajibkan Pemerintah Indonesia

Vaksinasi wajib diberikan sejak bayi lahir ke dunia untuk mencegah risiko terpapar penyakit. Proses penyuntikan protein buatan laboratorium telah memenuhi prosedur sehingga aman diberikan kepada anak atau orang dewasa. Nantinya tubuh Anda akan kebal apabila tertular virus atau bakteri penyebab penyakit sebenarnya. Pemerintah Indonesia telah menggalakkan pemberian vaksin sejak kecil yaitu B, BCG, Polio, MMR, dan DTP. Jika Anda belum mendapatkan vaksinasi sejak kecil, maka wajib melakukan vaksinasi dengan vaksin Medan yang kredibel.

Vaksinasi wajib dari pemerintah Indonesia

Berdasarkan peraturan pemerintah Indonesia, bayi yang baru lahir wajib mendapatkan vaksinasi yang lengkap di posyandu atau lembaga kesehatan terdekat. Berikut penjelasan mengenai 5 vaksinasi wajib sejak usia kecil, yaitu :

1. Hepatitis B

Indonesia merupakan negara endemik penyakit hepatitis B terbesar nomor dua di Asia Tenggara setelah Myanmar. Guna menekan penularan penyakit hepatitis B di Indonesia, pemerintah mewajibkan vaksinasi hepatitis B. Jika Anda belum menerima vaksinasi hepatitis B, sebaiknya segera melakukan prosedur vaksinasi orang dewasa di tempat kesehatan terdekat.

Ada beberapa orang yang masuk golongan rentan tertular penyakit hepatitis B yaitu pekerja rumah sakit atau faskes yang terkena cairan tubuh atau darah penderita, pengguna obat terlarang, penderita penyakit seks menular, dan pria yang berhubungan seks dengan pria atau suka gonta-ganti pasangan. 

2. BCG

Vaksinasi BCG diberikan sejak bayi lahir sampai usia sebulan guna mencegah penyakit tuberkulosis atau TBC. Jika tidak mendapatkan vaksinasi pada masa kanak-kanak, orang dewasa wajib melakukan vaksinasi BCG selama memenuhi persyaratan. 

Syarat yang ditentukan adalah pengajuan vaksin BCG tidak memiliki riwayat TB, tidak menderita HIV, tidak menjalani pengobatan imunosupresif atau tidak memiliki penyakit ganas seperti leukemia. 

3. Polio 

Sejak anak-anak, Anda wajib mendapatkan vaksin Polio pada usia 2,3 4 bulan sesuai program pemerintah. Apabila orang dewasa terlambat mendapatkan vaksinasi Polio, harus menyelesaikan rangkaian pemberian vaksin polio pada orang dewasa sesuai aturan yang berlaku. 

Jika Anda tidak pernah mendapatkan vaksinasi polio sama sekali, sebaiknya konsultasikan dengan vaksin Medan untuk mendapatkan suntik vaksin polio booster atau vaksin penguat seumur hidup.

4. MR 

Pemerintah sudah mengganti vaksinasi MMR dengan MR  atau vaksinasi kombinasi campak dan rubella. Orang dewasa tetap memiliki risiko terkena penularan penyakit MR yang bisa menyebabkan komplikasi parah hingga kematian. Orang hamil rentan mengalami penularan penyakit rubella, lho! 

Penularan virus campak dan rubella terjadi lewat saluran napas atau melakukan kontak langsung dengan penderita yang terinfeksi virus. Jaga diri Anda dengan melakukan vaksinasi MR dan hindari kontak langsung dengan batuk atau bersin penderita campak dan rubella. 

5. Tdap

Demi mencegah penularan difteri, tetanus dan pertusis, pemerintah memberikan program vaksinasi Tdap. Orang dewasa bisa melakukan penyuntikan vaksin penguat setiap 10 tahun sekali untuk mencegah diri tertular dari penyakit tersebut. Wanita hamil usia kandungan memasuki angka 27 sampai 36 minggu wajib melakukan vaksinasi yang sama. 

Lima vaksinasi dari program pemerintah di atas harus Anda dapatkan sejak usia kanak-kanak. Jika tidak mendapatkan vaksinasi secara lengkap, bisa melakukan vaksinasi mandiri di vaksin Medan yang terpercaya. Tak hanya vaksinasi wajib saja, orang dewasa juga bisa melakukan vaksinasi anjuran yaitu vaksin Influenza dan Pneumokokus. 

Menjaga diri sendiri dari risiko tertular penyakit jauh lebih baik daripada mengobati, bukan? Yuk, lindungi diri Anda dan orang lain dengan menjalankan program vaksinasi yang baik dan benar!

Gunakan halodoc untuk mendapatkan informasi tempat vaksin yang kredibel

Buat Anda yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap sejak kanak-kanak, bisa menggunakan fitur halodoc yang menawarkan tempat vaksin terbaik. Tinggal klik tempat vaksin Medan yang dekat dengan domisili Anda saat ini. Tak perlu repot antri lama-lama, bukan? Tentukan jadwal mendapatkan vaksin hepatitis B, polio, MR atau vaksinasi anjuran lain sekarang juga. Anda bisa membandingkan harga pelayanan vaksinasi yang sesuai dengan kemampuan finansial, lho! Lebih mudah dan hemat, kenapa tidak?

Posting Komentar

 

Copyright © Ali Razii | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER | Fixed by Free Blogger Templates