6 Manfaat Bawang Putih Untuk Pengobatan Tradisional

6 Manfaat Bawang Putih Untuk Pengobatan Tradisional

Menjadi salah satu bumbu dapur yang sering dijumpai dalam setiap makanan, ternyata jenis umbi yang satu ini juga memiliki banyak khasiat dan manfaat. Diantaranya untuk menyembuhkan dan mengatasi berbagai macam penyakit. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa manfaat bawang putih untuk pengobatan tradisional.

Berbagai Manfaat dan Cara Mengonsumsinya

1. Mengobati Flu, Pilek dan Batuk

Gejala flu diakibatkan karena adanya udara kotor, bakteri, atau virus yang masuk melalui hidung dan mengganggu sistem pernapasan atas. Hal ini membuat kondisi hidung tersumbat dan mengalami bersin berkali-kali. Kondisi ini bisa diatasi dengan cara tradisional dengan mengonsumsi bumbu dapur yang satu ini. Karena terdapat kandungan minyak allicin yang dapat menghilangkan bakteri.

Senyawa yang terkandung tersebut bisa membantu menghilangkan dan menangkal berbagai macam penyakit seperti flu, pilek, dan batuk. Cara mengonsumsi rempah yang satu ini cukup mudah. Jika Anda sedang flu maka bisa mengonsumsinya dengan langsung dimakan atau ditambahkan pada campuran makanan yang berkuah seperti sup dan makanan lainnya. 

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat mengonsumsi bawang putih lainnya yaitu dapat mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Bumbu dapur yang satu ini memiliki kandungan nitric oxide yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Cara ini mudah dilakukan, Anda bisa menumbuk halus dan mencampurkannya dengan satu sendok madu untuk dikonsumsi secara langsung atau dengan cara dikukus lalu dimakan.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Meski tidak bisa menyembuhkan secara langsung, umbi satu ini  bisa membantu mengurangi kadar jumlah kolesterol dalam tubuh. Kandungan senyawa allicin ini yang dapat membantu mengendalikan dan menghambat enzim dalam pembuatan kolesterol dalam tubuh. Cara mengonsumsinya yaitu dengan memakan langsung mentah 1-2 siung dalam satu kali sehari.

4. Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan peristiwa yang menyakitkan bagi kebanyakan orang. Namun dengan menggunakan bumbu dapur yang satu ini, mampu meredakan gejala sakit gigi. Caranya dengan mengambil 3 siung bawang putih kemudian ditumbuk halus atau diparut. Setelah itu bubuhkan pada area gigi yang sakit dan diamkan hingga 5 menit dan bilas atau berkumur dengan air hangat. 

5. Mengobati Kutil 

Kutil biasanya disebabkan karena pertumbuhan hormon dan adanya infeksi atau virus yang masuk ke dalam kulit sehingga menyebabkan tumbuhnya benjolan kecil. Pertumbuhan kutil ini bisa diatasi dengan cara tradisional seperti menggunakan bumbu dapur yang satu ini. Rempah ini memiliki zat allicin yang mampu menghempaskan bakteri yang menempel pada kulit.

Sebelum menggunakan langkah medis, ada baiknya jika melakukan proses pengobatan secara tradisional. Dalam langkah pengobatan kutil secara tradisional ini, Anda bisa mengambil dan menumbuk beberapa siung bawang putih kemudian bubuhkan pada bagian kutil, kemudian tutup menggunakan perban atau plester. Lakukan pengobatan ini dengan rutin sebelum tidur.

6. Mengatasi Kerontokan Rambut

Siapa yang menyangka bahwa bumbu dapur yang satu ini ternyata dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Rempah ini ternyata mampu memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut. Sebagian orang juga memakai atau mengolesi rambutnya dengan minyak dari bumbu dapur tersebut. Hanya dengan mengoleskan minyak ini ke rambut, dipercaya dapat mencegah kebotakan.

Meski memiliki aroma yang tidak sedap bila dikonsumsi secara langsung, namun rempah diatas ternyata memiliki berbagai macam khasiat hingga dipercaya mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, menghindari obat-obatan kimia dengan beralih mengonsumsi dan mengobati dengan  jenis-jenis rempah alami juga sangat  berdampak baik bagi kesehatan. 

Posting Komentar

 

Copyright © Ali Razii | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER | Fixed by Free Blogger Templates